Perkembangan Fashion di Indonesia

 

Fashion di Indonesia



·       Perkembangan Fashion di Indonesia

  Perkembangan dunia fashion di Indonesia bisa dikatakan berkembang sangat pesat dalam beberapa dekade terakhir. Hal tersebut didukung dari adanya designer lokal yang semakin potensial, tingkat perekonomian yang membaik, sampai sektor retail yang ikut serta mengalami perkembangan berkembang pesat. Sarinah yang merupakan Mal serba ada Pertama di Indonesia menjadi ikon penting industri ritel mode lokal karena di sanalah kreasi-kreasi desainer lokal mendapat jalan untuk mencapai konsumennya. Dahulu Sarinah berisi pakaian buatan lokal, sedangkan baju impor yang ada hanya berasal dari Jepang, belum ada merek-merek luar lainnya. Baju impor Jepang yang murah bisa didapatkan di pasar tradisional, sedangkan yang mahal bisa didapat di butik eksklusif yang salah satunya bernama MicMac di Menteng. Tahun 1975 toserba bernama Ratu Plaza dan Gajah Mada Plaza mulai menjual barang-barang bermerek luar selain Jepang seperti Aigner dan Gucci.

  Industri lokal tadinya hanya didominasi nama seperti Prajudi dan Iwan Tirta sebagai aset designer bangsa. Selain itu nama-nama seperti Non Kawilarnag dan Ramli juga turut meramaikan industri ini namun koleksi mereka termasuk mahal. Barulah kemudian Poppy Dharsono turut berperan penting membawa konsep ready-to-wear yang menawarkan koleksi pakaian yang lebih terjangkau pada masyarakat.

  Menurut Poppy Dharsono, tokoh fashion indonesia yang tidak hanya sebagai pengamat tapi juga praktisi, fashion adalah sebuah kecenderungan gaya yang sedang digemari saat masa itu dan berlaku dalam jangka waktu tertentu. Menurut Ellen, owner butik Nyla, fashion adalah bagian gaya hidup yang merupakan pilihan pribadi setiap orang, yang bisa membuat diri mereka sendiri merasa lebih nyaman.




·       APPMI

  Asosiasi Perancang Pengusaha Mode Indonesia (APPMI) memegang peran penting dalam perkembangan dunia fashion. Mempunyai program tahunan setiap tahunnya, yaitu Fashion Tendance yang diadakan sejak tahun 1993 hingga saat ini masih terus menjadi suatu acara festival tersendiri. Di acara tersebut, menampilkan sebuah fashion show dimana menampilkan prediksi trend fashion di tahun yang akan datang.

  Meskipun trend fashion di Indonesia didominasi dengan style kebarat-baratan, muncul juga gaya khas Indonesia. Jadi baik brand luar atau brand lokal membuat para customer Indonesia memilih mana yang disukainya.

  Mereka memiliki program tahunan yaitu Fashion Tendance yang diadakan sejak 1993 sampai sekarang, dimana mereka mengadakan fashion show yang menampilkan prediksi tren fashion tahun mendatang dengan maksud memberi arahan komprehensif mengenai konsep rancangan terkini versi APPMI pada masyarakat luas. Acara yang melibatkan semua insan fashion dalam negri ini diliput oleh berbagai media yang nantinya menyampaikan informasi trend tersebut pada masyarakat. Menurut Poppy Dharsono, selaku ketua umum dan pendiri APPMI, trend yang ditampilkan pada acara tersebut merupakan hasil kombinasi dan inspirasi fashion macanegara terutama Eropa dengan karakteristik masyarakat Indonesia. Menurutnya, Acuan fashion yang paling digemari oleh konsumen lokal adalah dari benua Eropa seperti Paris, Milan dan HongKong. Eropa karena desainnya yang sederhana dan klasik, Hongkong karena permainan model yang sudah diadaptasi dengan iklim Asia.

  Perkembangan trend fashion di Indonesia didorong oleh beberapa faktor yaitu Media Massa, Dunia Entertainment dan Dunia Bisnis. Hal ini akan membuat para desainer lebih mudah mengakses dan mengetahui tentang trend fashion yang sedang populer untuk menciptakan variasi dalam fashion.


·       Media Massa



  Tidak dapat dipungkiri dampak dari media massa terhadap masyarakat, termasuk trend fashion. Media massa selalu menyajikan informasi termasuk, informasi seputar dunia fashion. Melalui kedua media ini, trend fashion seakan disosialisasikan kepada masyarakat dan itulah trend fashion yang harus diikuti. Masyarakat sudah tentu melihat trend fashion yang ditampilkan dalam setiap acara di televisi.

·       Dunia Entertainment



  Dunia Entertainment merupakan salah satu faktor yang sangat besar dalam menyebarluaskan trend fashion kepada masyarakat. Para selebritas yang selalu muncul di berbagai media dan menjadi idola, selalu berganti mode busana mengikuti trend fashion. Hal ini bisa menjadi penyebab masyarakat untuk mengikutinya. Sudah menjadi hukum alam jika sang idola mengikuti trend fashion tertentu bahkan juga bisa menjadi trendsetter, pasti akan diikuti oleh masyarakat yang menjadi penggemar mereka.

·       Bisnis



  Dunia bisnis juga merupakan salah satu faktor berkembangnya trend fashion di Indonesia. Mengingat dari banyaknya permintaan di pasar terkait dengan trend fashion yang sedang berkembang. Demi mendapatkan keuntungan, para penjual berlomba memanfaatkan trend fashion yang sedang populer untuk menarik para pembeli. Dengan menambahkan imajinasi mereka dalam merancang busana, trend fashion akan dengan mudah berkembang luas. Ibarat bola salju, langkah ini juga diikuti oleh penjual busana yang lainnya.

 

  Di tahun 2021 masyarakat sekarang mampu memilih mana yang kiranya cocok dengan bentuk tubuh, kepribadian, dan nyaman. Bisa dilihat dari penampilan yang tidak seragam di masyarakat, walaupun masih ada benang merah berupa tema gaya yang sedang populer saat itu.

 

 

 

Refrensi

https://asti46.wordpress.com/artikel-terkait/perkembangan-trend-fashion-indonesia/

http://serba-serbi-dunia-fashion.weebly.com/perkembangan-dunia-fashion.html

https://indonesiana.tempo.co/read/89711/2016/09/21/jaketpesan/prediksi-trend-fashion-2017

http://www.infofashionterbaru.com/5-faktor-yang-mempengaruhi-perkembangan-trend-fashion.html

https://www.kompasiana.com/annisamega/588321f3cc92731105931d89/perkembangan-trend-fashion-di-indonesia?page=2&page_images=1

https://www.kamibijak.com/v/trend-fashion-dari-masa-ke-masa-di-indonesia

Komentar