Perkembangan Fashion di Indonesia
Fashion
di Indonesia
·
Perkembangan Fashion di
Indonesia
Perkembangan dunia fashion
di Indonesia bisa dikatakan berkembang sangat pesat dalam beberapa dekade
terakhir. Hal tersebut didukung dari adanya designer lokal yang semakin
potensial, tingkat perekonomian yang membaik, sampai sektor retail yang ikut
serta mengalami perkembangan berkembang pesat. Sarinah yang merupakan Mal serba
ada Pertama di Indonesia menjadi ikon penting industri ritel mode lokal karena
di sanalah kreasi-kreasi desainer lokal mendapat jalan untuk mencapai konsumennya.
Dahulu Sarinah berisi pakaian buatan lokal, sedangkan baju impor yang ada hanya
berasal dari Jepang, belum ada merek-merek luar lainnya. Baju impor Jepang yang
murah bisa didapatkan di pasar tradisional, sedangkan yang mahal bisa didapat
di butik eksklusif yang salah satunya bernama MicMac di Menteng. Tahun 1975
toserba bernama Ratu Plaza dan Gajah Mada Plaza mulai menjual barang-barang
bermerek luar selain Jepang seperti Aigner dan Gucci.
Industri lokal tadinya hanya didominasi nama
seperti Prajudi dan Iwan Tirta sebagai aset designer bangsa. Selain itu
nama-nama seperti Non Kawilarnag dan Ramli juga turut meramaikan industri ini
namun koleksi mereka termasuk mahal. Barulah kemudian Poppy Dharsono turut
berperan penting membawa konsep ready-to-wear yang menawarkan koleksi
pakaian yang lebih terjangkau pada masyarakat.
Menurut Poppy Dharsono, tokoh fashion
indonesia yang tidak hanya sebagai pengamat tapi juga praktisi, fashion
adalah sebuah kecenderungan gaya yang sedang digemari saat masa itu dan berlaku
dalam jangka waktu tertentu. Menurut Ellen, owner butik Nyla, fashion
adalah bagian gaya hidup yang merupakan pilihan pribadi setiap orang, yang bisa
membuat diri mereka sendiri merasa lebih nyaman.
·
APPMI
Asosiasi
Perancang Pengusaha Mode Indonesia (APPMI) memegang peran penting dalam
perkembangan dunia fashion. Mempunyai program tahunan setiap tahunnya,
yaitu Fashion Tendance yang diadakan sejak tahun 1993 hingga saat ini
masih terus menjadi suatu acara festival tersendiri. Di acara tersebut,
menampilkan sebuah fashion show dimana menampilkan prediksi trend fashion
di tahun yang akan datang.
Meskipun
trend fashion di Indonesia didominasi dengan style kebarat-baratan,
muncul juga gaya khas Indonesia. Jadi baik brand luar atau brand lokal membuat
para customer Indonesia memilih mana yang disukainya.
Mereka memiliki program tahunan
yaitu Fashion Tendance yang diadakan sejak 1993 sampai sekarang, dimana
mereka mengadakan fashion show yang menampilkan prediksi tren fashion
tahun mendatang dengan maksud memberi arahan komprehensif mengenai konsep
rancangan terkini versi APPMI pada masyarakat luas. Acara yang melibatkan semua
insan fashion dalam negri ini diliput oleh berbagai media yang nantinya
menyampaikan informasi trend tersebut pada masyarakat. Menurut Poppy Dharsono,
selaku ketua umum dan pendiri APPMI, trend yang ditampilkan pada acara tersebut
merupakan hasil kombinasi dan inspirasi fashion macanegara terutama
Eropa dengan karakteristik masyarakat Indonesia. Menurutnya, Acuan fashion
yang paling digemari oleh konsumen lokal adalah dari benua Eropa seperti Paris,
Milan dan HongKong. Eropa karena desainnya yang sederhana dan klasik, Hongkong
karena permainan model yang sudah diadaptasi dengan iklim Asia.
Perkembangan trend fashion
di Indonesia didorong oleh beberapa faktor yaitu Media Massa, Dunia
Entertainment dan Dunia Bisnis. Hal ini akan membuat para desainer lebih mudah
mengakses dan mengetahui tentang trend fashion yang sedang populer untuk
menciptakan variasi dalam fashion.
· Media Massa
Tidak dapat dipungkiri dampak
dari media massa terhadap masyarakat, termasuk trend fashion. Media
massa selalu menyajikan informasi termasuk, informasi seputar dunia fashion.
Melalui kedua media ini, trend fashion seakan disosialisasikan kepada
masyarakat dan itulah trend fashion yang harus diikuti. Masyarakat sudah
tentu melihat trend fashion yang ditampilkan dalam setiap acara di
televisi.
·
Dunia Entertainment
Dunia Entertainment merupakan
salah satu faktor yang sangat besar dalam menyebarluaskan trend fashion
kepada masyarakat. Para selebritas yang selalu muncul di berbagai media dan
menjadi idola, selalu berganti mode busana mengikuti trend fashion. Hal
ini bisa menjadi penyebab masyarakat untuk mengikutinya. Sudah menjadi hukum
alam jika sang idola mengikuti trend fashion tertentu bahkan juga bisa menjadi
trendsetter, pasti akan diikuti oleh masyarakat yang menjadi penggemar mereka.
·
Bisnis
Dunia bisnis juga merupakan
salah satu faktor berkembangnya trend fashion di Indonesia. Mengingat
dari banyaknya permintaan di pasar terkait dengan trend fashion yang
sedang berkembang. Demi mendapatkan keuntungan, para penjual berlomba
memanfaatkan trend fashion yang sedang populer untuk menarik para
pembeli. Dengan menambahkan imajinasi mereka dalam merancang busana, trend fashion
akan dengan mudah berkembang luas. Ibarat bola salju, langkah ini juga diikuti
oleh penjual busana yang lainnya.
Di tahun 2021 masyarakat
sekarang mampu memilih mana yang kiranya cocok dengan bentuk tubuh,
kepribadian, dan nyaman. Bisa dilihat dari penampilan yang tidak seragam di
masyarakat, walaupun masih ada benang merah berupa tema gaya yang sedang
populer saat itu.
Refrensi
https://asti46.wordpress.com/artikel-terkait/perkembangan-trend-fashion-indonesia/
http://serba-serbi-dunia-fashion.weebly.com/perkembangan-dunia-fashion.html
https://indonesiana.tempo.co/read/89711/2016/09/21/jaketpesan/prediksi-trend-fashion-2017
http://www.infofashionterbaru.com/5-faktor-yang-mempengaruhi-perkembangan-trend-fashion.html
https://www.kamibijak.com/v/trend-fashion-dari-masa-ke-masa-di-indonesia
Komentar
Posting Komentar